CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 27 Mei 2009

Bikin Bisnis Sendiri, Yuk!

Ada pepatah yang bilang, "kalau mau sukses harus mulai dengan hal-hal kecil." Itu betul banget! Untuk kamu yang ingin dapat uang saku ekstra, ini dia langkah-langkah untuk memulai usaha kecil-kecilan (bisa sendiri atau sama teman!)

1. Ide

Supaya tidak sama dengan yang lain, kamu harus punya ide unik dan orisinil. Yang harus kamu lakukan pertama adalah kenali hobi dan bakatmu. Misalnya kalau kamu suka jahit, coba bikin hiasan kaos dari kain perca. Pasti keren! Atau kalau kamu suka bikin kue, coba mulai usaha parcel hadiah Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Bahan-bahan, bentuk kue dan kemasan bisa terserah kamu. Very original!

2. Survei Pasar

Sebelum memulai sebuah usaha, pastikan kamu tahu harga dari bahan-bahan dasar yang kamu perlukan. Ini penting, lho, supaya kamu bisa tahu berapa modal yang dibutuhkan dan harga yang harus kamu pasang untuk produk buatanmu. Selain itu, kamu juga harus tahu selera pasar. Percuma kan, kalau kamu bikin model kaos yang cuma kamu suka, sementara orang lain tidak ada yang mau beli?

3. Cari Modal

Kamu bisa minta sponsor dari orangtua atau anggota keluarga lain. Supaya gampang dapat jaminan modal, kamu bisa bikin contoh barang yang akan kamu jual. Kalau perlu, biin hitung-hitungan untuk dipresentasikan ke mereka, supaya mereka melihat kesungguhanmu dan punya gambaran kapan kamu akan mengembalikan uang yang dipinjam. Yakinkan mereka bahwa usahamu akan sukses.

4. Iklan

Promosi usaha kecilmu ini lewat e-mail, brosur buatan sendiri atau informasi dari mulut ke mulut. Ingat, iklanmu harus kelihatan menarik untuk e-mail dan brosur, coba font dan gambar yang seru ya! Pokoknya jangan malas (atau malu!) untuk aktif mempromosikan usaha yang baru kamu rintis. Selamat mencoba ya!

0 komentar: