CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 27 Mei 2009

Leadership

Pemimpin yang hebat bisa mengambil keputusan tanpa ragu-ragu, dan 4 trik ini siap membantumu menjadi leader nomor satu!

1. Tulis pro dan kontra

Bagi selembar kertas menjadi dua kolom, dan bikin daftar pro di kolom sebelah kiri dan kontra di sebelah kanan. Beri nilai satu poin untuk setiap pro dan kontra. Tulis faktor yang penting buatmu pada masing-masing kolom, beri nilai dua atau lebih, tergantung mana yang lebih penting. Terus, jumlahkan poinmu di setiap kolom. Jika nilai pro lebih besar dibandingkan kontra, itulah jawabanmu (dan sebaliknya)!

2. Percaya kata hatimu

Pejamkan mata dam pikirkan satu hal baik dalam hidupmu. Merasa rileks? Sekarang, bayangkan sesuatu yang buruk. Ada perubahan pada tubuhmu? Apakah terasa tegang? Ini menunjukkan reaksimu terhadap pikiran positif dan negatif. Next, pikirkan masalahmu dan setiap pilihannya. Tubuhmu terasa rileks atau justru tegang? Jatuhkan keputusanmu pada pilihan dengan perasaan positif. Ingat, pilhan pertamamu biasanya tepat, jadi jangan berubah pikiran!

3. Bikin 'skenario'

Bayangkan keputusanmu seperti sebuah film, dan ciptakan skenario untuk 'melihat' akhir ceritanya. Jika bingung memilih sekolah, bayangkan kamu berada di kampus. Apakah kamu melihat dirimu asyik bergosip bareng teman-teman di kantin atau sedang duduk sendirian sambil merasa kesepian? Gunakan bayangan ini untuk membantu membuat keputusan final. Ketika menggunakan imajinasi, fokus pada keputusannya, bukan - cara memutuskannya.

4. Nasehati diri sendiri

Tanyakan kepada teman-teman yang memiliki hal serupa, saran apa yang dulu kamu berikan. Lalu, ikuti nasehatmu yang oke itu. Next, bayangkan temanmu yang membutuhkan saran, bukannya kamu. Misalnya 'dia' bingung apakah harus putus dengan pacarnya; cowoknya baik, tapi kata-katanya taja. Apa yang akan kamu katakan kepada temanmu? Dia layak mendapat cowok yang lebih baik? Begitu juga kamu. Decision made!

INTINYA: Jangan takut membuat keputusan yang 'salah'. Kalau sudah terbiasa melatih diri mengambil keputusan, kamu pasti bisa menentukan apa yang terbaik.

0 komentar: