CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 27 Mei 2009

h2 Know

Air minum dalam kemasan botol memang praktis. Tinggal buka botolnya, langsung glek! Tapi apa betul air minum itu sehat? Intip artikel ini untuk tahu jawabannya sekaligus 'membasmi' mitos seputar air minum!

MITOS#1: Kita perlu 8 gelas air setiap hari.

FAKTANYA: Kamu mungkin butuh 8 gelas air dalam sehari supaya tetap sehat; tapi sebenarnya kebutuhan ini tergantug pada ukuran tubuh, beratnya aktivitas yang dijalani, dan suhu lingkungan di sekitarmu. Kebutuhan air di dalam tubuhmu sudah tercukupi jika air senimu berwarna kuning pucat dan kamu tidak merasa haus (kehausan adalah salah satu tanda dehidrasi). Tapi air bukan satu-satunya minuman pencegah dehidrasi; jus dan minuman yang mengandung ion juga bisa, kok!

MITOS #2: Semua air dalam kemasan botol sama saja.

FAKTANYA: Air dalam kemasan dibedakan berdasarkan sumbernya. Ada purified water yang berasal dari air keran yang melewati proses penyaringan, spring water atau mata air yang berasal dari aquifer (lapisan batuan penyimpan air), dan artesian water yang diambil dari sumber air jauh di dalam tanah. Terakhir, ada mineral water yang juga diambil dari bawah tanah tapi kandungan mineralnya lebih tinggi dibandingkan spring water. Rasa boleh beda, tapi selama produk air minum terdaftar dalam Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), semua aman!

MITOS #3: Air dalam kemasan botol tidak bagus untuk gigi

FAKTANYA: Memang betul kandungan fluoride dalam air kemasan botol termasuk rendah, bahkan hampir tidak ada, kecuali pada air minum yang mengandung mineral. Tapi bukan berarti jika kamu terbiasa minum air dalam kemasan botol lantas kemungkinan gigimu bakal mudah rapuh, lho! Jadi, untuk supaya selalu sehat, kamu harus tetap rajin menyikat gigi dengan pasta gigi dengan kandungan fluoride tinggi, dan periksakan gigimu ke dokter gigi secara rutin. Dan senyum manismu pasti bertahan lama.

MITOS #4: Air dengan rasa buah dan vitamin sama sehatnya dengan air putih biasa.

FAKTANYA: Biarpun minum air dengan rasa buah memang lebih baik daripada tidak minum air sama sekali, air putih tetap yang paling baik buat tubuh karena bebas kalori (FYI, 600 ml air dengan rasa buah punya lebih banyak kalori dibandingkan sekaleng soda) Tidak suka air putih? Pilih air rasa buah yang mengandung kurang dari 10 kalori per botol.

INTINYA: Semua air dalam kemasan terbilang aman, asalkan tercantum tanggal kadaluarsa dan kode dari BPOM pada botolnya. Jadi, tinggal pilih mana yang kamu suka. Hmm..segarrr.

0 komentar: